Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Nyirih Untuk Kesehatan, Ini Khasiatnya

Nyirih adalah tradisi masyarakat melayu yang masih ada hingga sekarang. Mengonsumsi daun sirih dan campuran bahan pelengkap sangat baik untuk kesehatan.

Ada beberapa khasiat nyirih yang jarang diketahui millenial, yaitu mengatasi bauk mulut, kesehatan gigi, melancarkan peredaran darah, membuang nikotin bagi perokok, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan sistem pencernaan.

Masyarakat melayu di Indonesia, sejak dahulu sangat gemar menyirih sebagai warisan leluhur sejak dahulu. Tradisi nyirih masih ada hingga sekarang, baik orang tua maupun kaula muda.

Dahulu, nyirih sangat penting. Setiap tamu atau keluarga yang bersilaturahmi akan disuguhkan dengan perlengkapan nyirih. Memakan sirih bersama sangat bermakna.
Bagi yang suka nyirih akan merasa nikmat seperti halnya perokok. Mengkonsumsi sirih sambil berkumpul dengan keluarga dan tamu yang datang akan mempererat kebersamaan dan lainnya.

Aroma daun sirih yang dipadukan dengan buah pinang, gambir, cengkeh, dan kapur akan tercium wangi. Ketika sirih sudah lengkap dan dikunyah akan menghasilkan warna merah yang terlihat saat dimakan.

Masyarakat dahulu sudah mengenal tradisi nyirih bukan hanya sekedar untuk dikonsumsi saja, akan tetap sebagai sarana yang berfungsi sebagai pengobatan.

Daun sirih dapat dikonsumsi langsung atau di rebus untuk obat. Manfaat daun sirih yang dikonsumsi juga mampu menghilangkan bau badan atau bau keringat.

Nyirih yang masih tetap terlestarikan ialah di Sumatra. Masyarakat melayu sangat gemar mengkonsumsi sirih yang banyak manfaatnya. Bagi anda yang ingin mencoba, silahkan kumpulkan bahan-bahannya.

Menyiapkan daun sirih yang sudah dibersihkan, oleskan kapur, tambahkan cengkeh, gambir, dan potongan buah pinang. Untuk yang pertama kali mencoba atau yang tidak biasa akan merasa pedas dan pahit.

Akan tetapi, bagi yang suka nyirih akan merasakan kenikmatan dan sensasi rasa manis. Sebab pada buah pinang mengandung protein, sehingga nyirih akan terasa nikmat. 

Silahkan di coba tradisi melayu yang unik, karena "Melayu takkan pernah hilang di bumi, selagi bumi di huni manusia".