Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumah Rakit Palembang, Pengunjung Kian Terkenang !



Rumah Rakit memiliki sejarah peradaban masyarakat Palembang. Tentunya Rumah Rakit memiliki keunikan yang khas. Rumah Rakit diperkirakan sejak masa Kerajaan Sriwijaya dan sampai pada zaman Kesultanan Palembang Darussalam. Rumah tersebut dibangun di atas air berada di pinggir sungai musi.

Para wisatawan dunia lebih dominan berwisata ke Indonesia, memilih tempat yang unik dan menarik dengan nuansa nilai budaya yang takkan pernah hilang. Salah satu tempat, tujuan utama wisatawan saat berada di Indonesia ialah Kota Palembang.

Berlibur ke Palembang, Sumatra Selatan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang khas Indonesia, tentu bukan hanya sekedar liburan semata. Namun, untuk menambah wawasan atas nilai-nilai budaya leluhur.
Salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi di Palembang ialah Rumah Rakit. Rumah unik yang bersejarah di Kota Palembang, dibangun dengan konsep unik tanpa menghilangkan corak bangunan yang ada sejak dahulu.

Rumah Rakit sangat tradisional khas Indonesia. Jika dibahas dahulu, masyarakat membuat tempat tinggal, tetap menggunakan bahan-bahan dari alam. Daun dan batang diukir, dipahat dan dianyam untuk perlengkapan dalam kehidupan. 

Begitu pun Rumah Rakit, Dimana ukuran Rumah Rakit sekitar 36 sampai 64 meter persegi. Atap Rumah Rakit terbuat dari daun nipah kering yang dibuat penuh nilai-nilai seni yang unik. Sedangkan bagian dinding dibuat dari kayu, pondasi terbuat dari bambu yang tahan bertahun-tahun.

Sejak dahulu, sungai musi sebagai salah satu jalur perdagangan untuk menjual berbagai hasil bumi ke Palembang, menggunakan rakit. Rakit moda transportasi dahulu di perairan Sungai Musi. Sehingga di kala itu, rakit yang di buat berukuran besar yang mampu menampung hasil bumi yang melimpah. 

Sehingga ketika Rakit yang digunakan sebagai moda transportasi sungai dijadikan Rumah Rakit yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Tentunya wisatawan yang datang ke Palembang dapat menyaksikan Rumah Rakit yang ada di sungai musi. 

Rumah Rakit sebagai warisan budaya tak benda di Palembang, menjadi tempat wisata yang menarik. Keindahan bangunan Rumah Rakit yang khas Indonesia, selalu menjadi tempat primadona wisatawan yang tak lupa mengabadikannya. 

Jika berwisata ke Kota Palembang, sangat di sayangkan tak menyambangi Rumah Rakit, karena keunikan bangunan dan nilai seni yang tetap terawat dengan baik. 

Maka, silahkan abadikan wisata Rumah Rakit di Palembang dan jangan lupa, untuk membagikan informasinya di berbagai media sosial.