Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Warisan Budaya Tak Benda Asal Aceh

Warisan budaya tak benda dari provinsi paling utara pulau Sumatra menarik untuk diketahui. Budaya melayu memang unik dan beragam, sebagai warisan leluhur sejak dahulu.

Salah satunya dalam bidang kesenian, sebagai budaya tak benda yang berasal dari Provinsi Aceh. Di zaman modern ini, tentunya masyarakat masih tetap memiliki kepedulian tinggi terhadap budaya. 

Terdapat warisan budaya tak benda dari Provinsi Aceh yang dapat menambah pengetahuan masyarakat yaitu Landoq Sampot, Rapa I Pasee, Rapa I Griempheng, dan Pesunatken.
Berikut daftar kesenian warisan budaya tak benda asal Provinsi Aceh paling ujung utara Pulau Sumatra, diantaranya;

1. Landoq Sampot

Kedenian dari Aceh Selatan telah di tetapkan sebagai sebagai warisan budaya tak benda secara Nasional. Landoq Sampot masih tetap terlestari sampai saat ini. Mengingat segala kegiatan tak lepas dari adat istiada dan budaya melayu yang unik.

Kesenian Landoq Sampot terus dipelajari generasi muda di Aceh. Hal tersebut sebagai langkah dalam mengatasi pergesaran budaya di era modernisasi. 

Rapa I Pasee

Rapa I Pasee merupakan salah satu kesenian, warisan budaya tak benda dari Aceh Utara. Rapa I Pasee biasa ditampilkan pada upacara dan kesenian lainnya. Terutama di Aceh Utara yang terus dilestarikan masyarakatnya.

Sampai sekarang Rapa I Pasee ini dikenal sebagai kesenian tak benda dari Aceh yang harusnya Anda ketahui. Tentunya budaya adalah jati diri bangsa Indonesia. Sudah seharusnya menjaga dan mempertahankan warisan leluhur yang sudah ada sejak dahulu.

Rapa I Griempheng 

Warisan budaya tak benda asal Provinsi Aceh ialah Rapa I Griempheng dari daerah Pidie. Budaya tersebut juga dilestarikan hingga kini.

Gerakan tarian dalam Rapa Griempheng sangat menarik, tentunya memiliki unsur sejarah di dalamnya. Beragam gerakan tarian mampu memberikan kenangan akan keunikan budaya melayu. 

Pesunatken

Pesunatken adalah tradisi khitan. Masyarakat Aceh menyebutnya dengan Pesunatken. Tradisi ini, masuk sebagai warisan budaya tak benda yang masih dilakukan. 

Melestarikan budaya tentu berdampak baii pada kehidupan. Budaya Indonesia sangat terkenal di Dunia. Memiliki keragaman dan adat istiadat yang patut untuk di ketahui karena Indonesia kaya akan budaya sebagai jati diri bangsa Indonesia.